Seroja

Daftar Menu Nasi Box untuk Acara 4 Bulanan

23 Agustus 2024

Saat kehamilan sudah memasuki usia 20 minggu atau 4 bulan, biasanya keluarga akan mengadakan acara 4 bulanan atau syukuran 4 bulanan. 

Acara ini biasanya akan diisi dengan doa bersama untuk mendoakan kehamilan yang baik, hingga ditutup dengan makan box atau makan bersama. Tentunya, pada acara seperti ini menu nasi box tidak boleh disepelekan.

Daftar Menu Nasi Box untuk Acara 4 Bulanan

Key takeaways

  • Acara 4 bulanan merupakan wujud syukur dan doa bersama demi kebaikan ibu hamil dan bayinya
  • Menu nasi box untuk acara 4 bulanan patut diperhatikan dengan mempertimbangkan kebiasaan di daerahnya masing-masing

Dalam praktiknya, acara 4 bulanan digunakan sebagai wujud rasa syukur karena diyakini bahwa si kecil yang ada di dalam kehamilan telah memiliki kelengkapan anggota tubuh. Terutama, pada 4 bulanan diyakini bahwa pada saat itulah ruh ditiupkan ke bayi.

Tidak heran, acara 4 bulanan ini adalah acara yang sakral sehingga setiap persiapannya perlu untuk disiapkan lebih awal dan lebih matang. Hal tersebut tidak terkecuali dengan menu nasi box.

Baca juga: Punya Acara Spesial? Hampers Nasi Box Bisa Jadi Pilihan!

Rekomendasi menu nasi box untuk acara 4 bulanan

Berikut adalah rekomendasi menu nasi box untuk acara 4 bulanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan:

Rekomendasi menu nasi box untuk acara 4 bulanan

1. Nasi Kuning

Nasi kuning adalah menu yang ada dan cukup dikenal di seluruh Indonesia. Menu ini juga sudah sering sekali digunakan untuk melakukan perayaan momen-momen penting dalam hidup. Nasi box dengan isi nasi kuning ini cocok untuk acara 4 bulanan karena sudah seperti warisan yang turun temurun. 

Nasi kuning dimasak dengan bumbu kunyit sehingga memiliki warna kekuningan. Biasanya nasi akan dibentuk seperti tumpeng mini lalu dikelilingi dengan tahu, tempe, mie goreng, ayam goreng, dan perkedel.

2. Nasi Box Ayam Bakar

Menu nasi box berikutnya adalah ayam bakar. Biasanya menu ini lazim diadakan di daerah jawa untuk acara kenduri atau untuk memperingati momen-momen penting. Ayam bakar biasanya disajikan bersamaan dengan nasi putih serta beberapa tambahan lauk seperti tempe, tahu, atau sayur-sayur pelengkap.

Menu ini sudah sangat lazim ditemukan pada acara-acara nusantara. Menu ini juga direkomendasikan karena sudah mengakar kuat sebagai budaya Indonesia.

3. Nasi Megono

Menu nasi box untuk acara 4 bulanan berikutnya adalah nasi megono atau sego megono. Dikutip dari radarcirebon.disway.id, Makanan ini sangat umum ditemukan di daerah Pekalongan. 

Nasi megono ini terdiri dari nasi putih yang dilengkapi dengan lauk nangka muda yang sudah dicincang dan ditabur dengan kelapa parut. Adapun filosofi yang adal dalam nasi megono adalah ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas kehamilan yang diberikan.

4. Nasi Kebuli

Nasi kebuli adalah hidangan khas Timur Tengah yang telah diadaptasi ke dalam masakan Indonesia, khususnya oleh komunitas Arab-Indonesia. 

Dikenal karena rasa gurih dan aromanya yang khas, nasi kebuli dimasak dengan campuran rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan jintan, serta sering disajikan dengan daging kambing atau ayam. 

Hidangan ini cocok untuk menu dalam acara 4 bulanan karena melambangkan keberkahan, sesuai dengan semangat perayaan tersebut. 

Selain itu, rasa dan aroma yang kaya dari nasi kebuli mampu menambah kehangatan dan kebahagiaan dalam acara berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

5. Nasi Rendang

Dilansir dari dapurawit, nasi rendang adalah hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa yang kaya dan rasa yang pedas. Menu ini berasal dari Sumatera Barat. Rendang, yang dimasak dengan rempah-rempah seperti serai, lengkuas, daun jeruk, dan santan, memberikan kelezatan mendalam yang cocok dipadukan dengan nasi hangat. 

Menu nasi rendang sangat cocok untuk acara 4 bulanan karena melambangkan kelimpahan dan keberuntungan. Makanan ini juga memiliki daya tarik universal yang mampu memikat hati semua tamu, menjadikannya pilihan sempurna untuk acara keluarga yang istimewa.

6. Bubur Merah Putih

Bubur merah putih adalah hidangan tradisional Indonesia yang sering disajikan dalam berbagai upacara adat dan perayaan. Terbuat dari campuran beras ketan yang dimasak dengan gula merah dan santan, bubur ini melambangkan keseimbangan antara suka dan duka dalam kehidupan. 

Menu bubur merah putih sangat cocok untuk acara 4 bulanan karena melambangkan kemurnian, kesucian, dan harapan baik bagi masa depan. Selain itu, cita rasanya yang manis dan lezat membuatnya menjadi sajian yang menyenangkan bagi semua tamu, menambah kehangatan dan kebahagiaan dalam acara 4 bulanan.

7. Lemper

Berbicara tentang hidangan tradisional Indonesia yang cocok untuk acara tradisional, tidak lengkap rasanya tanpa menyebut lemper. 

Lemper adalah makanan ringan khas Indonesia yang terbuat dari ketan yang diisi dengan daging ayam atau abon, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Hidangan ini terkenal dengan rasa gurih dan teksturnya yang kenyal, menjadikannya favorit di berbagai acara.

Lemper sangat cocok untuk perayaan 4 bulanan karena praktis dan mudah dinikmati oleh semua usia. Simbolisme ketan yang lengket menggambarkan eratnya ikatan keluarga dan persahabatan, sesuai dengan semangat kebersamaan dalam perayaan. 

Rasa yang lezat dan kemasan daun pisang yang alami juga menambah kesan tradisional dan kehangatan pada acara tersebut.

Demikian adalah berbagai menu yang cocok digunakan di acara 4 bulanan. Untuk mempermudah pesanan dan menjamin kualitas makanan Anda, Seroja menyediakan berbagai menu nasi box untuk acara 4 bulanan yang bisa langsung dipesan pada link berikut ini.

Baca juga: Keunggulan Memilih Paket Nasi Box untuk Acara Anda

Artikel Lainnya

Seroja
Melayani kebutuhan acara keluarga maupun perkantoran dengan cita rasa alami masakan tradisional nusantara dengan pelayanan yang bersahabat
excellent rewardexcellent nasi kuningrestaurant guru
Seroja Catering. All Rights Reserved. Created by Grow & Bless
magnifiercrosschevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram